You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
bantaran kali dok bj
bantaran kali dok bj .
photo doc - Beritajakarta.id

Pemukiman Kumuh Kali Krukut Segera Ditertibkan

Pekan depan Satpol PP DKI Jakarta akan mengerahkan 700 personelnya untuk menertibkan kawasan pemukiman kumuh di bantaran Kali Krukut di Jakarta Selatan.  Rencananya penertiban akan dilakukan pada Senin (18/8) dan Selasa (19/8).

Tadinya kami ingin bangunan yang ber ada di bantaran Kali Krukut ditertibkan Satpol PP dan Pemkot Jakarta Selatan hari Sabtu (16/8) dan Minggu (17/8)

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, keberadaan pemukiman kumuh tersebut membuat lebar Kali Krukut berkurang. Karena banyak warga yang mendirikan bangunan di badan kali. Lebar Kali Krukut saat ini hanya tersisa tiga meter saja. Sehingga kali tidak mampu menampung volume air saat hujan turun.

Saefullah menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Walikota Jakarta Selatan, Syamsudin Noor terkait penertiban ini. Semula penertiban akan dilakukan akhir pekan ini. Namun karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, maka penertiban diundur menjadi awal pekan depan.

Banjir Semalam Akibat Sheet Pile Dirusak Warga

"Tadinya kami ingin bangunan yang berada di bantaran Kali Krukut ditertibkan Satpol PP dan Pemkot Jakarta Selatan hari Sabtu (16/8) dan Minggu (17/8). Tapi, karena Hari Kemerdekaan jadi dipindah menjadi hari Senin (18/8) dan Selasa (19/8)," kata Saefullah di Balaikota, Rabu (13/8).

Menurut mantan Walikota Jakarta Pusat ini, sebanyak 600 hingga 700 personel Satpol PP DKI dikerahkan untuk menertibkan bangunan liar di bantaran Kali Krukut tersebut. Setidaknya akan ada dua Rukun Warga (RW) yang ditertibkan. Mereka diketahui telah menduduki kawasan tersebut, sejak puluhan tahun lalu. Namun dirinya masih merahasiakan RW mana saja yang akan ditertibkan.

Dikatakan Saefullah, dengan adanya penertiban ini, pihaknya akan mengembalikan trase sungai seperti semula. Karena penyempitan yang terjadi, tidak hanya membuat kawasan tersebut tergenang tetapi juga berimbas pada kawasan lainnya.

Sementara, terkait dengan sheet pile yang diduga dijebol oleh warga, pihaknya akan menelitinya terlebih dahulu. Dia mengaku pembangunan sheet pile yang dibongkar warga harus dilihat dari urgensinya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito